-->

Ritual Panjang Jimat

Tepatnya malam ini (14/01/2014) adalah suatu rentetan ritual Ritual Panjang Jimat yang biasa dilaksanakan pada malam maulid yang tepatnya malam ini tentunya sangat ditunggu tunggu, karena malam panjang jimat adalah puncak dari peringatan maulid nabi di kalangan kesultanan Cirebon. 

Ritual panjang jimat ini dari jaman dulu sudah dilaksanakan oleh kerabat keraton cirebon, panjang jimat itu sendiri adalah menyucikan benda benda pusaka milik keraton yang konon katanya sangat berpengaruh dan mempunyai mistis yang sangat kental, Begitu Pendapat dari masyarakat.

 Asumsi masyarakat tentang Panjang jimat sebenarnya sudah salah kapra, sudah menjerumus kepada musrik, sudah banyak masyarakat menyaksikan acara panjang jimat untuk mengambil air bekas mencuci benda pusaka dan bunga tujuh rupa untuk sesuatu keberkahan. itu yang membuat semua orang berbondong bondong datang dalam acara panjang jimat, tidak hanya warga sekitar Cirebon, dari berbagai penjuru daerah pun datang, kadang banyak yang bilang selain makhluk hidup alias orang banyak juga makhluk halus yang datang menyaksikan prosesi tersebut.

"Panjang Jimat adalah merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Bentuk perayaannya adalah dengan mendoakan para leluhur dan membersihkan barang-barang peninggalannya,” ujar Elang Wiyono kepada Radarcirebon.com (14/1)

Itu sebenarnya arti dari Panjang Jimat, yang utaa adalah memeringati Hari Lahir Nabi Muhammad, akan tetapi masyarakat sudah beralih atau sudah salah tafsir, malah mengutamakan pencucian benda pusakannya, kini musrik pun sudah bertebaran dimasyarakat.

art4beng

6 Responses to "Ritual Panjang Jimat"

  1. akhirnya tau apa itu panjang jimat...

    BalasHapus
  2. Ane tidak tau niat mereka,jadi tidak tau apa-apa.Salam kenal gan.

    BalasHapus
  3. itulah indonesia kawan terutama jawa masih banyak musrik dimana mana tergantung kita menyikapinya aja kawan

    BalasHapus

terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel