PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN
Pembelajaran membaca
permulaan diberikan di kelas I dan II. Tujuannya adalah agar siswa memiliki
kemampuan memahami dan menyuarakan tulisan dengan intonasi yang wajar, sebagai
dasar untuk dapat membaca lanjut (Akhadiah, 1991/1992: 31). Pembelajaran
membaca permulaan merupakan tingkatan proses pembelajaran membaca untuk
menguasai sistem tulisan sebagai representasi visual bahasa. Tingkatan ini
sering disebut dengan tingkatan belajar membaca (learning to read).
Membaca lanjut merupakan
tingkatan proses penguasaan membaca untuk memperoleh isi pesan yang terkandung
dalam tulisan. Tingkatan ini disebut sebagai membaca untuk belajar (reading to
learn). Kedua tingkatan tersebut bersifat kontinum, artinya pada tingkatan
membaca permulaan yang fokus kegiatannya penguasaan sistem tulisan, telah
dimulai pula pembelajaran membaca lanjut dengan pemahaman walaupun terbatas. Demikian
juga pada membaca lanjut menekankan pada pemahaman isi bacaan, masih perlu
perbaikan dan penyempurnaan penguasaan teknik membaca permulaan.
0 Response to "PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN"
Posting Komentar
terimakasih