Kurikulum Pendidikan Karakter
Apa Itu Karakter?
Dennis Coon dalam bukunya Introduction to
Psychology : Exploration and Aplication mendefinisikan karakter sebagai suatu
penilaian subyektif terhadap kepribadian
seseorang yang berkaitan dengan atribut kepribadian
yang dapat atau tidak dapat diterima oleh masyarakat. Karakter adalah jawaban
mutlak untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik didalam masyarakat.
Beda Karakter dan
Kepribadian (Sifat Dasar)
Kepribadian
adalah hadiah dari Tuhan Sang Pencipta saat manusia dilahirkan dan setiap orang
yang memiliki kepribadian
pasti ada kelemahannya dan kelebihannya di aspek kehidupan sosial dan
masing-masing pribadi. Kepribadian
manusia secara umum ada 4, yaitu : Koleris
– Sanguinis
– Phlegmatis
– Melankolis.
Nah, Karakternya dimana? Saat setiap manusia belajar
untuk mengatasi dan memperbaiki kelemahannya, serta memunculkan kebiasaan
positif yang baru, inilah yang disebut dengan Karakter.
Misalnya, seorang dengan kepribadian Sanguin yang sangat suka bercanda dan terkesan tidak serius, lalu sadar dan belajar sehingga mampu membawa dirinya untuk bersikap serius dalam situasi yang membutuhkan ketenangan dan perhatian fokus, itulah Karakter.
Misalnya, seorang dengan kepribadian Sanguin yang sangat suka bercanda dan terkesan tidak serius, lalu sadar dan belajar sehingga mampu membawa dirinya untuk bersikap serius dalam situasi yang membutuhkan ketenangan dan perhatian fokus, itulah Karakter.
Mengapa Seorang Anak Butuh
Pendidikan Karakter?
Pada dasarnya, pada perkembangan seorang anak
adalah mengembangkan pemahaman yang benar tentang bagaimana dunia ini bekerja,
mempelajari ”aturan main” segala aspek yang ada di dunia ini . Anak-anak
akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter apabila dapat tumbuh pada lingkungan
yang berkarakter
Ada 3 Cara Mendidik
Karakter Anak:
1. Ubah Lingkungannya, melakukan pendidikan
karakter dengan cara menata peraturan serta konsekuensi di sekolah
dan dirumah.
2. Berikan Pengetahuan, memberikan pengetahuan
bagaimana melakukan perilaku yang diharapakan untuk muncul dalam kesehariannya
serta diaplikasikan.
3. Kondisikan Emosinya, emosi
manusia adalah kendali 88% dalam kehidupan manusia. Jika mampu menyentuh
emosinya dan memberikan informasi yang tepat maka informasi tersebut akan
menetap dalam hidupnya.
Karakter apa yang perlu
ditumbuhkan dan dibentuk dalam diri anak?
- Karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
- Kemandirian dan Tanggung Jawab
- Kejujuran atau Amanah, Diplomatis
- Hormat dan Santun
- Dermawan, Suka Tolong Menolong & Gotong Royong
- Percaya Diri dan Pekerja Cerdas
- Kepemimpinan dan Keadilan
- Baik dan Rendah Hati
- Karakter Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan.
Saat ini kami memiliki 3 program pendidikan
karakter yang menjadi fokus dari kurikulum kami, yaitu :
1. Training Guru
Terkait dengan program pendidikan
karakter disekolah, bagaimana menjalankan dan melaksanakan pendidikan
karakter disekolah, serta bagaimana cara menyusun program dan
melaksanakannya, dari gagasan ke tindakan.
Program ini membekali dan memberikan wawasan
pada guru
tentang psikologi anak, cara mendidik anak dengan memahami mekanisme pikiran
anak dan 3 faktor kunci untuk menciptakan anak sukses, serta kiat praktis dalam
memahami dan mengatasi anak yang “bermasalah”
dengan perilakunya.
2. Program Kurikulum
Pendidikan Karakter
Kami memberikan sistem
pengajaran dan materi yang lengkap (untuk 1 tahun ajaran) serta detail dan
aplikasi untuk sekolah dan materi untuk orang tua
murid. Materi ini telah diuji coba lebih dari 5 tahun, disamping itu dalam
program ini ada pendampingan dan training khusus untuk guru.
Training khusus guru ini
dikhususkan untuk menciptakan suksesnya pendidikan
karakter disekolah, disamping pemberian materi yang “advance”
dari program training guru
pertama. Karena disini para guru akan
mempelajari aspek psikologi manusia (bukan hanya anak, tetapi untuk dirinya
sendiri) dan menanamkan nilai-nilai
kehidupan yang baik pada dirinya, murid dan keluarga. Guru akan
memiliki “tools” untuk membantu menciptakan anak yang berkarakter lebih
baik.
3. Program Bimbingan Mental
Program ini terbagi menjadi dua sesi program
:
Sesi Workshop Therapy, yang dirancang khusus
untuk siswa usia 12 -18 tahun. Workshop ini bertujuan mengubah serta membimbing
mental anak usia remaja. Workshop ini bekerja sebagai “mesin perubahan
instant” maksudnya setelah mengikuti program ini anak didik akan berubah
seketika menjadi anak yang lebih positif.
Sesi Seminar Khusus Orangtua Siswa, membantu orangtua
mengenali anaknya dan memperlakukan anak dengan lebih baik, agar anak lebih
sukses dalam kehidupannya. Dalam seminar ini orangtua akan mempelajari
pengetahuan dasar yang sangat bagus untuk mempelajari berbagai teori psikologi
anak dan keluarga. Memahami konsep menangani anak di rumah dan di sekolah,
serta lebih mudah mengerti dan memahami jalan pikiran anak, pasangan dan orang
lain.
0 Response to "Kurikulum Pendidikan Karakter"
Posting Komentar
terimakasih