-->

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SD


PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SD
                                                                                
A.      Pengertian Pengembangan Pembelajaran IPS di SD
1.       Pengertian Pengembangan
Pengembangan berasal dari kata ‘kembang’ yang berarti menjadi bertambah sempurna. Kemudian mendapat imbuhan pe- dan –an yang berarti proses. Sehingga pengembangan disini berarti usaha sadar yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan agar lebih sempurna.
2.       Pengertian Pembelajaran
Dalam keseluruhan proses pendidikan disekolah, pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.
Definisi pembelajaran menurut para ahli :
1)       Crow & Crow, Pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap
2)       Rahlil Mahyuddin, Pembelajaran adalah Perubahan tingkah laku yang melibatkan keterampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan kemahiran intelek.
3.       Pengertian IPS
Moeljono Cokrodikarjo, mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan dari ilmu sosial. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial, yakni sosiologi, antropologi, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD, berusaha memberikan wawasan secara komperehensif tentang peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu-isu sosial
4.       Pengertian SD
Sekolah dasar (SD) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Dilaksanakan dalam waktu 6 tahun, pelajar SD umumnya berusia 7-12 tahun.
5.       Pengertian pengembangan pembelajaran IPS di SD
Pengembangan pembelajaran IPS di SD berarti penyempurnaan tujuan, isi pelajaran, metode, media, dan strategi dalam kegiatan belajar mengajar IPS pada jenjang sekolah dasar.
Berbagai tradisi dalam ilmu sosial, termasuk konsep, teori, fakta, struktur,- metode dan penanaman nilai-nilai dalam ilmu sosial perlu dikemas secara integrative dan komunikatif serta relevan dengan situasi dan kondisi yang berkembang dalam masyarakat.
Di dalam KTSP 2006, menegaskan bahwa melalui mata pelajaran IPS peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi Warga Negara Indonesia yang demokratis dan bertanggungjawab serta warga dunia yang cinta damai. Fenomena kehidupan global di masa mendatang yang penuh dengan tantangan, menuntut mata pelajaran IPS untuk dirancang bisa mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Pembelajaran IPS di SD perlu disusun secara sistimatis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan bermasyarakat.
6.       Tujuan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Menurut KTSP 2006, Tujuan mata pelajaran IPS di SD agar peserta didik memiliki kemampuan antara lain sebagai berikut :
-          Mengenal konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
-          Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
-          Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetisi dalam masyarakat.
7.       Pengembangan Model-model pembelajaran IPS di SD
Untuk menumbuhkan motivasi dan partiipasi siwa, perlu dikembangkan 
                model-model pembelajaran IPS yang kreatif dan inovatif, seperti :
a)       Pengajaran langsung (Direct Intruction)
Model pengajaran ini banyak diilhami oleh teori belajar sosial yang sering disebut belajar melalui observasi.
b)       Model Pembelajaran berdasar masalah (problem solving)
Model pengajaran ini menyajikan kepada siswa untuk melakukan penyelidikan terhadap masalah yang diberikan.
c)       Model Pembelajaran Inkuiri (penemuan)
Model pengajaran ini dapat merangsang siswa untuk melakukan penyelidikan sehingga menemukan sesuatu.
Dalam upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS guru Sekolah Dasar hendaknya menerapkan model-model pembelajaran, sehingga dapat terjadi proses pembelajaran yang aktif , kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.
B.      Ayat AlQuran tentang perintah belajar
screenshot_2016-08-18-12-05-57-11. (Al-Fatihah [1] : 6-7 )
Artinya : “Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”  (Al-Fatihah [1] : 6-7 )
Dalam ayat ini, tersirat perintah untuk mempelajari sejarah. Ada tiga kelompok yang disebutkan dalam ayat ini :
     1. Kelompok yang telah diberi nikmat oleh Allah.
     2. Kelompok yang dimurkai Allah.
     3. Kelompok yang sesat.
Ketiga kelompok ini adalah generasi yang telah berlalu, Ibnu katsir dalam bukunya “al-maktabah al-syamilah”menafsirkan kelompok pertama adalah orang yang berilmu dan beramal yaitu para nabi, para shiddiqin, dan para shalihin (dijelaskan dalam QS. An-nisa [4] : 69-70) . Kelompok kedua adalah orang yang berilmu tetapi tidak beramal, seperti orang-orang Yahudi. Dan Kelompok ketiga adalah orang yang kehilangan ilmu, walaupun mereka masih beramal (dijelaskan dalam QS. At-Taubah [9] : 31 )
2. ( QS. Al-‘Alaq [96] : 1-5 )
unduhan
Artinya : “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah dan Tuhanmulah Yang maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam, dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” ( QS. Al-‘Alaq [96] : 1-5 )
Pada ayat pertama dalam surat ini terdapat kata iqra’dimana melalui malaikat jibril Allah memerintahkan kepada Muhammad untuk “membaca” (menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui).
Wahyu pertama tersebut tidak menjelaskan menjelaskan apa yang dibaca, karena Al-Quran menghendaki umatnya membaca apa saja, selama bismi Rabbik, dalam arti bermanfaat untuk kemanusiaan. ( Shihab (1997) )
3. (QS. An-Nahl [16] :78)
16_78
Artinya : “dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui apapun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.
(QS. An-Nahl [16] :78)
Isi kandungan surah ini adalah Allah SWT. Dengan kekuasaan-Nya mengeluarkan bayi melalui proses kelahiran ibunya. Bayi lahir dengan keadaan lemah dan dalam keadaantidak mengetahui apa-apaatau suatu apapun. Dengan kemurahan-Nya Allah memberikan anugerah kepada bayi tersebut diantaranya pendengaran, penglihatan, hati, agar mampu bersyukur, dengan cara pendengaran untuk mendengar, penglihatan untuk melihat, dan hati untuk merasa.
      Dengan kesempurnaan bayi tersebut sudah barang tentu menjadi tugas kewajiban kedua orangtua untuk merawat , membesarkan, dan memberi pendidikan hingga menjadi kuat, cerdas dan dewasa.

0 Response to "PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SD"

Posting Komentar

terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel