-->

KENAPA GURU HARUS KREATIF

      Kreatif adalah memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan, menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan, yang tidak cepet bosen, dengan adanya kreatif tentu peseta didik tidak akan merasa jenuh dan tidak akan cepat bosen, dengan tujuan seperti itu maka peserta didik pasti akan bisa menerima pelajaran dengan baik, tentunya kualitas pendidikan pun bisa lebih baik.
Menjadi guru merupakan profesi yang mulia karena seorang guru membutuhkan kesungguhan, keseriusan dan ketulusan pengabdian dari hati dalam mengajar murid-muridnya.   Seorang guru harus amanah dalam mengemban tugasnya.    Seperti namanya, guru, yaitu digugu lan ditiru, yakni seseorang yang dapat memberikan panutan,
contoh atau teladan kepada muridnya dengan bersikap arif dan bijaksana.    Sehingga mereka harus membimbing dan menuntun untuk menjadikan seseorang pintar dan dewasa dalam berpikir dan bertindak.
       Menjadi seorang guru yang kreatif memang tidak mudah. Diperlukan usaha lebih dalam menggali potensi sisi kreatifitas dari guru tersebut.  Untuk menjadi guru yang kreatif, Andi Yudha Isfandiyar atau yang biasa dipanggil Kak Andi Yudha, salah satu pemerhati anak dan pendidikan sekaligus pendongeng serta penulis buku cerita anak MIO, menggunakan prinsip “FORCHILDREN”, yaitu Fleksibel, Optimis,  Respek,  Cekatan, Humoris,  Inspiratif,  Lembut,  Disiplin,  Responsif,  Empatik, dan  Nge-friend.  Prinsip lain yang dapat diterapkan adalah “not only teach, but also touch”, yaitu guru tidak hanya mengajar tetapi juga menyentuh hati para muridnya lewat uluran kasih sayangnya.
Seseorang dikatakan kreatif bisa dilihat dari beberapa aspek yaitu :
a. Sebuah kemampuan.
Kreativitas adalah sebuah kemampuan untuk memikirkan dan menemukan sesuatu yang baru, menciptakan gagasan¬-gagasan baru baru dengan cara mengkombinasikan, mengubah atau menerapkan kembali ide-ide yang telah ada.
b. Sebuah perilaku
Kreativitas adalah sebuah perilaku menerima perubahan dan kebaruan, kemampuan bermain-main dengan berbagai gagasan dan berbagai kemungkinan, cara pandang yang fleksibel, dan kebiasaan menikmati sesuatu.
c. Sebuah proses
Kreativitas adalah proses kerja keras dan berkesimbungan dalam menghasilkan gagasan dan pemecahan masalah yang lebih baik, serta selalu berusaha untuk menjadikan segala sesuatu lebih baik.
     Harris juga menyatakan bahwa untuk dapat berpikir kreatif seseorang perlu memiliki metode berpikir kreatif. Berbagai metode yang dapat dilakukan antara lain: (1) evolusi, yakni gagasan-gagasan baru berakar dari gagasan lain, solusi-solusi baru berasal dari solusi sebelumnya, hal-hal baru diperbaiki/ditingkatkan dari hal-hal lama, setiap permasalahan yang pernah terpecahkan dapat dipecahkan kembali dengan cara yang lebih baik , (2) sintesis, yakni adanya dua atau lebih gagasan-¬gagasan yang ada dipadukan ke dalam gagasan yang baru, (3) revolusi, yakni gagasan baru yang terbaik merupakan hal yang benar-benar baru, sebuah perubahan dari hal yang pernah ada, (4) penerapan ulang, yakni melihat lebih jauh terhadap penerapan gagasan, solusi, atau sesuatu yang telah dirumuskan sebelumnya, sehingga dapat dilihat penerapan lain yang mungkin dapat dilakukan, dan (5) mengubah arah, yakni perhatian terhadap suatu masalah dialihkan dari satu sudut pandang tertentu ke sudut pandang yang lain. Hal ini dimaksudkan untuk memecahkan suatu masalah, bukan untuk menerapkan sebuah pemecahan masalah.

0 Response to "KENAPA GURU HARUS KREATIF"

Posting Komentar

terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel